Peran Pemerintah Memperkenalkan Kebudayaan Melalui Baju Batik

Di era modern sekarang ini persaingan bisnis semakin ketat. Banyak Negara maju yang semakin melebarkan sayapnya dengan memperluas jaringan usaha melalui kerjasama baik regional maupun internasional. Dampak buruk dari hal itu adalah pasar dalam negri mengalami persaingan yang sangat ketat. Persaingan antara produk dalam negri dengan produk luar negri tidak dapat hindari. Oleh karena itu perlu adanya upaya dari semua pihak untuk turut serta mendukung produk dalam negeri agar mampu bersaing dengan produk import. Taukah kalian bahwa pemerintah telah melakukan beberapa upaya dalam rangka melestarikan kebudayaan nusantara khususnya batik? Upaya tersebut salah satunya dengan cara menggunakan baju batik.

Langkah pertama yang dilakukan pemerintah yaitu mewajibkan semua pegawai negeri untuk mengenakan baju batik setiap hari jumat. Peraturan ini berlaku bagi semua pejabat tertinggi maupun pejabat tinggi negara. Sepertinya kali ini pemerintah tidak main-main dalam menegakkan peraturan, terbukti dengan adanya sanksi yang tegas bagi mereka yang tidak patuh terhadap aturan tersebut. Sebenarnya sejak tahun 1980 an karyawan bank pelat merah sudah memakai pakaian batik setiap akhir pekan. Langkah kedua yang dilakukan pemerintah adalah mewajibkan pelajar memakai pakaian batik setiap hari Senin. Hal ini sudah dilaksanakan oleh beberapa sekolah namun belum merata. Selain kedua hal tersebut pemerintah juga sempat mencanangkan Hari Batik Nasional pada tahun 2010. Selain itu, pemerintah juga sedang giat-giatnya mempromosikan batik pada ajang-ajang Internasional. Dan yang luar biasanya pemerintah juga telah berhasil meningkatkan ekspor batik terhitung dari tahun 2008 hingga 2012 sebesar 18,49%. Itu merupakan pencapaian yang harus dipertahankan.

Contoh lainnya yaitu pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional menetapkan batik masuk kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah. Depdikbud juga menetapkan baju batik sebagai salah satu seragam wajib di sekolah. Selain itu, pemerintah juga mulai berupaya mendorong pelaku bisnis yang bergerak di industri kerajinan batik untuk memanfaatkan momentum kebangkitan batik di Tanah Air saat ini. Mereka mulai memasarkan produk batik hingga ke mancanegara untuk mendapatkan konsumen yang lebih luas, selain itu pemerintah juga mendukung perusahaan batik agar dapat melakukan pameran atau workshop didalam dan luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *